Jangan Putus Asa - Ingat 5 Hal ini - May Furniture

Jangan Putus Asa - Ingat 5 Hal ini

5 bulan yang lalu      Motivasi

Jangan Pernah Putus, Ingatlah 5 Hal ini Agar Anda Tidak Putus Asa

Hidup manusia memang tidak dirancang secara statis. Akan ada manis dan pahit, pun keberhasilan dan kegagalan yang menghampiri. Sebagai bagian dari makhluk ciptaan-Nya, kita juga tidak bisa meminta agar jalan hidup selalu lurus tanpa ada rintangan.

Sebagai manusia, tentunya kita tidak luput dari yang namanya cobaan. Setiap hari ada berbagai masalah yang harus kita hadapi dalam hidup, mulai dari masalah keluarga, masalah dengan teman, masalah di sekolah atau di tempat kerja, hingga masalah finansial.

Terkadang masalah-masalah tersebut datang bertubi-tubi kedalam hidup kita, dan membuat kita merasa lelah menghadapinya. Namun suka atau tidak suka, kita harus tetap menghadapi masalah tersebut.

Karena lari atau menghindari masalah bukanlah penyelesaian yang baik. Kalau kamu merasa putus asa dan ingin menyerah dalam menghadapi cobaan hidup, ingatlah selalu 5 hal ini.

1. Selalu Ingat Adanya Tuhan

Semua yang terjadi di dunia ini, termasuk segala sesuatu yang terjadi pada hidupmu, adalah kehendak-Nya. Sesungguhnya Dia tengah mengangkat derajatmu ketika memberikan kamu cobaan yang berat. Saat orang-orang di sekitar, bahkan dirimu sendiri, tidak bisa memberikan pertolongan saat musibah datang, hanya Sang Pencipta yang bisa menolong. Kamu juga harus paham, bahwa hanya dengan izin-Nya kamu bisa bangkit dari kegagalan. Maka, kembali dan berserahlah pada-Nya. Karena pada dasarnya, kesuksesan yang coba kamu raih itu bersifat sementara, sedangkan Allah itu kekal dan akan selalu ada.

Walaupun masalah datang silih berganti dalam hidup kamu seolah tidak ada habisnya, dan kamu merasa bahwa kamu tidak sanggup lagi menghadapi cobaan tersebut. Jangan pernah menyerah! Karena sesungguhnya kamu mampu untuk menghadapinya.

Ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah memberikan cobaan diluar batas kemampuan hambanya.

2. Tetaplah Berusaha

Kamu seringkali merasa kalau cobaan hidup yang datang kepadamu seolah tidak pernah putus? Jangan pernah menyerah! Bukankah kamu tahu kalau tidak ada yang abadi di dunia ini? Begitu juga dengan masalah-masalahmu.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, asalkan kamu tetap mau berusaha mencarinya. Menyerah tidak akan pernah menyelesaikan masalahmu.

Jangan jadikan kegagalan sebagai alasan untuk menyerah. Kegagalan yang kamu dapatkan sekarang, adalah kesempatan agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Waktu dalam kehidupan akan terus berputar, begitupun kamu yang harus terus melangkah ke depan. Tidak perlu buru-buru. Jika kamu sudah tidak sanggup berlari, kamu bisa berjalan. Jika kamu rasa tidak dapat berjalan, merangkak juga tidak apa-apa. Yang terpenting, kamu bisa memaknai prosesnya dan tetaplah berusaha.

3. Menerima Keadaan Dengan Sabar

Ikhlaskan kegagalanmu. Terimalah keadaan tersebut dengan lapang dada. Ketika kamu tidak ikhlas menerima kegagalan, kamu akan terus-menerus dikelilingi oleh rasa kecewa yang dapat menghambatmu untuk bergerak maju. Kalau kamu tidak ikhlas, secara otomatis pikiranmu pun akan berfokus pada hal-hal yang membuatmu jatuh dibandingkan dengan sesuatu yang dapat membantumu bangun. Sebaliknya, saat kamu sudah ikhlas atas kegagalan yang menimpa, maka kamu akan lebih mudah menemukan jalan baru untuk meraih sebuah keberhasilan.

Sebagai manusia yang setiap hari harus selalu menghadapi masalah dan cobaan hidup, tentu terkadang kamu merasa capek. Namun tetaplah bersabar, hadapi semua cobaan dengan tabah. Suatu saat semua kesabaran dan ketabahanmu dalam menghadapi cobaan-cobaan itu pasti akan membuahkan hasil yang manis.

Di saat itu semua lelahmu dan air matamu akan terbayar semua, dan kamu pun bisa tersenyum. Tetap semangat ya!

4. Boleh Menangis Karena Kecewa

Terkadang semua usaha sudah kita lakukan, namun kita tetap tidak mampu mendapatkan jalan keluar dari masalah-masalah kita. Disaat seperti ini, putus asa dan menyerah bukanlah suatu jawaban. 

Ketika mimpi gagal diraih, rasa kecewa dalam diri kamu merupakan hal manusiawi yang wajar bila timbul. Kamu juga bisa luapkan rasa kecewa tersebut dengan cara menangis. Mengeluarkan air mata atas kerja keras yang belum bisa terbayar bukanlah tindakkan salah atau pun sesuatu yang dinilai lemah.

Menangislah dan luapkan emosi yang membuat dadamu sesak. Namun ingat, jangan sampai terlarut dalam kesedihan. Menangis karena merasa kecewa memang boleh, tapi menyerah jangan. Cobalah untuk pasrah dan serahkan semua bebanmu kepada Tuhan penciptamu. Bersujudlah di hadapan-Nya, dan berdoalah mohon petunjuk-Nya. Ingatlah kalau Tuhan selalu ada kapanpun kamu butuh bantuan-Nya.

5. Berpikir Positif

Tanamkan dalam pikiran bahwa kegagalan yang kamu alami merupakan bagian dari proses kehidupan. Buang jauh prasangka-prasangka negatif karena hal tersebut akan semakin menjerumuskanmu pada kegelapan. Ingatlah bahwa Tuhan akan tetap membiarkanmu bernapas meskipun kamu telah jatuh. Tanamkan rasa syukur karena sebenarnya masih banyak hal-hal positif yang hadir dalam kehidupanmu meskipun kamu gagal menggapai satu hal, dan hal-hal positif itu akan kamu temukan secara mudah hanya jika kamu berpikir secara positif juga.

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/life/inspiration/maria-liana/saat-kamu-putus-asa-dan-ingin-menyerah-ingatlah-6-hal-ini-c1c2/full

http://mizanpublishing.com/jangan-putus-asa-ini-9-cara-untuk-bangkit-lagi/

https://www.google.com/search?q=putus+asa&safe=active&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiGu9SPtfLjAhXq7XMBHXDCDqsQ_AUIECgB&biw=1366&bih=608#imgdii=DwAYp3t4ZqMLfM:&imgrc=2p2IIulQ9n9MkM:



Artikel Terkait


  5 bulan yang lalu
  5 bulan yang lalu
  5 bulan yang lalu
  5 bulan yang lalu
  5 bulan yang lalu

Komentar Artikel "Jangan Putus Asa - Ingat 5 Hal ini"